Wednesday, January 27, 2016

DAMPAK NEGATIF JIKA PINTU KEMANA SAJA DORAEMON TERCIPTA



Pintu Kemana Saja, yang masa kecilnya ditemani dengan Serial Doraemon pasti  pernah melihat dan mendengarnya. Teknologi dari abad 22 ini merupakan salah satu alat yang paling sering dikeluarkan Doraemon selain Baling-baling Bambu. Dari namanya saja sudah menjelaskan fungsi dari teknologi ini.  Betul sekali, pintu ini akan membawa pemiliknya kemana saja yang diinginkan. Mirip-mirip teleportasi kalau istilah science-fictionnya.
Status alat ini masih fiktif dan entah kapan alat ini akan ada (atau tidak pernah). Tapi kalau berandai-andai alat ini ditemukan dan dijual dipasaran pasti akan merubah kehidupan kita semua.
Bayangkan sang pemilik bisa piknik tiap hari, bisa apel tiap saat dan tidak pernah telat ke acara penting.
Tidak ada lagi istilah pacaran LDR, tidak ada lagi lagu Pacar Lima Langkah yang ada mungkin Pacar Depan Pintu.
Belum lagi pemilik bisnis online pasti diuntungkan dengan alat ini, karena semua free ongkir tinggal Klik, Buka Pintu, Bayar done.
Via Google Image



Itu sisi baiknya, tapi tidak pernahkah gansis sedikit saja memikirkan dampak negatif dari alat ini? Waktu BC sibuk merenungi tanggal muda yang berasa tua sambil korek-korek sarang semut, muncul pemikiran tentang sisi negatif dari Pintu Kemana Saja (cih...pintunya aja belum ada).

Berikut ini adalah daftar dampak buruk jika Pintu Kemana Saja tercipta :

1. KANTOR POS dan SEMUA JASA PAKET TINGGAL SEJARAH

Sudah jelas dan otomatis Jasa Pos akan gulung tikar. Kantor POS akan dianggap sebagai layanan usang dan tidak mampu mengejar praktisnya Pintu Kemana Saja. Ketika pelaku bisnis online punya pintu ini, Jasa Paket akan ditinggalkan. Ngapain nungguin lama dan biaya besar dalam mengirim barang jika ada yang setia setiap saat. Berapa banyak orang kehilangan pekerjaanya gara-gara alat ini, think again.
via Google Image


2. RIP PERUSAHAAN TRANSPORTASI

Mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat lain memang tujuan dari alat transportasi. Jika Pintu ini tercipta habis sudah nasibnya. Semua jenis transportasi baik modern maupun tradisional, baik darat, udara, maupun lautan tidak mungkin melawan efisiennya Pintu Ajaib Doraemon ini. Launching alat ini pasti diikuti dengan demo besar-besaran para pelaku bisnis transportasi, mulai pemilik BUS, pegawainya, sopir, kenek bahkan abang asongan yang menjajakan Agua,Mijon dan Rokok di terminalpun ikut turun ke jalan. 
  
Abang Go-jek juga harus rela melepas jaket dan helm andalannya.

3. TELEPON TINGGAL KENANGAN

Perusahaan komunikasi ini belum akan ditinggalkan, karena fitur lain dari Smartphone yang masih layak untuk dipakai (internet mobile, game, gps dll)
Mungkin efeknya tidak se-massive dua poin di atas, cuma fungsi utama dari telepon sudah tidak ada esensinya lagi. Kenapa juga masih mendengar suara, jika bertatap muka sambil ngopi bisa dilakukan. Kenapa harus mengeluarkan pulsa jika membuka pintu saja kita bisa berbicara.
Via Google Image

4. MARAKNYA PENYELUNDUPAN BARANG ILEGAL

Bayangkan jika Entrepreneur dari dunia hitam memiliki alat ini. Narkoba, senjata bahkan manusia akan diselundupkan dengan mudahnya. Hampir mirip dengan bisnis online tadi tinggal Klik, Buka Pintu, Bayar. Nggak kebayang tinggal di dunia seperti ini.
Via Anime-meme.com

5. KRIMINALISME MENINGKAT

Pencurian, penculikan, pemerkosaan bisa dilakukan kapan saja dan pihak berwenang akan kesulitan menanganinya. Muncul the Reaper versi modern pelaku pembunuhan berantai dan berpintu yang tidak pernah tertangkap. Perampok bank menjadi pekerjaan idaman. Mencuri di London foya-foya di Hawaii. Dunia yang indah bagi pelaku kriminal.
Via Google Image

6. METAMORFOSIS TERORISME

Akan muncul terorisme jenis baru yang disebut Teror Pintu. Pelaku teror akan merubah pendekatan taktisnya. Dengan pintu kemana saja betapa mudahnya menaruh bom ke lokasi yang diinginkan. Tidak ada lagi bom bunuh diri, tidak ada lagi baku tembak dengan polisi Tinggal set timer, buka pintu, wait and see. Booom!!! Bahkan stasiun TV yang sedang live menyiarkan berita teror bisa kena salam tempel juga.
Via Google Image


Horor!!! Mungkin itulah alasan kenapa Pintu Kemana Saja belum tercipta. Karena jelas akan merubah tatanan dunia dan segala aspek kehidupan mendapat imbasnya.

Itu baru secuil dampak negatif dari teknologi ini, masih banyak lagi jika kita serius membayangkannya. Sejauh imajinasi pesimis kita akan kelamnya masa depan yang membentang.
Jangan terlalu serius bacanya gansis, ini hanya hasil sharing khayalan di tanggal tua.

Salam ganteng ngecer...

No comments:

Post a Comment