Thursday, January 7, 2016

SEJARAH PERKEMBANGAN TAMPILAN HOMESCREEN ANDROID DARI VERSI AWAL SAMPAI TERKINI

pl.wallpapersma.com
Ngomongin Android memang nggak ada habisnya, OS yang sedang merajai dunia smartphone ini telah bertelur sampai jilid ke 6 (Marshmallow 6.0.1).  Sudah menjadi kebiasaan Google dalam menamai versi Androidnya dengan nama makanan manis, mulai dari Cupcake sampai dengan yang terbaru Marsmallow. Yang kesemuanya berurutan berdasar alphabet (nggak kebayang makanan manis apa yang berawalan huruf X). Nah disini akan dijabarkan perbedaan tampilan Homescreen tiap-tiap versi android tersebut.


1. Android versi 1.5 alias Cupcake.

Cupcake merupakan android pertama yang dirilis google di bulan mei 2009 melalui produk HTC Dream.
google image

Logo Cupcake, ketika kepala robot hijau seakan berkata Jangan makan aku.

google image
Tampilan homescreen di versi 1.5 dengan 4 shorcuts dan ciri khas akses drawer di bagian bawah disajikan dengan wallpaper landscape pemandangan. Dilengkapi dengan google search widget.  Simpel dan berkelas dijamannya.


2. Android versi 1.6 alias Donut

Setelah lembut dan manisnya cupcake google menelurkan Donut sebagai penggantinya. Versi ini dirilis di bulan September tahun 2009.
google image

Logo berubah si robot sedang main petak umpet bersembunyi di lubang donut berlabur meses yang yummy.

google image
Sedangkan tampilan homescreennya perubahan yang terjadi ada di icon shortcuts dan quick search box yang lebih minimalis. Sebuah karya yang nikmat di mata dan rasa.

3. Android versi 2.0 – 2.1 alias Éclair

Tak berselang lama sebuah kue kering yang berbentuk panjang, berisi krim pasta dijadikan rujukan untuk versi Android terbaru. Éclair rilis di bulan Oktober 2009. Dengan bergulirnya proyek Nexus, HTC Nexus One merupakan salah satu smartphone yang memakan jajanan ini.

google image
lagi-lagi robot ijo ini main petak umpet di belakang éclair, sebuah logo dengan tema yang sama seperti versi sebelumnya.
google image

Untuk tampilan homescreennya begitu menarik dengan fitur Nexus live wallpaper. Sisi Icon pack juga dirubah di versi ini, untuk icon drawer semakin dewasa saja.

4. Android versi 2.2  alias Froyo

Pengalaman berandroid pertama yang BC alami ada di versi ini, Froyo (Frozen Yogurt) pasti enak dan user friendly. Disajikan di bulan Mei 2010 untuk penggila Smartphone yang ingin merasakan ke-smooth-an.
  
google image
Sensasi Yogurt dingin yang meleleh di lidah memang tiada dua. Pilihan jajanan yang pas oleh team google.
 
google image
Nexus live wallpaper masih menemani homescreen si froyo. Tombol drawer sekarang ditemani dial call dan internet access. Widget android help siap jadi superhero jika ada yang kesulitan dalam menikmati lembutnya Froyo.

5. Android versi 2.3-2.3.7  alias Gingerbread

Benar-benar jenius team google dalam mencari nama untuk versi berikutnya. Parutan jahe dalam paket Gingerbread cocok untuk menghangatkan suasana user smartphone. Menu ini disajikan dalam loyang di bulan desember 2010. Proyek Nexus kali ini bekerja sama dengan Samsung, jadilah Samsung Nexus S sebagai pencicip Gingerbread resmi.
google image
Robot yang dulu terkenal dengan warna hijaunya, berubah setelah di campur dengan jahe dan di oven terlalu lama. Keren simple dan hangat untuk sebuah logo.
   
google image
Homescreenya sendiri mengalami perubahan yang cukup banyak, terutama Nexus live wallpapernya yang lebih flat. Icon drawernya dan teman-temannya mendapat polesan warna yang menarik.  

6. Android versi 3.0 –3.2.6 alias Honeycomb

Suksesnya iPad dipasaran membuat google melakukan trobosan yang sedikit berbeda. Google memutuskan membuat Android versi tersendiri untuk tabletnya. Lahirlah menu baru camilan Honeycomb di bulan Februari 2011 dengan lakon Motorola Xoom sebagai testernya.

google image
Setelah jadi gosong di gingerbread, sebuah metamorfosis terjadi. Sayap dan sengat dalam wujud robot lebah siap membawa terbang android ke level yang lebih tinggi (walaupun kurang sukses versi ini). Sebuah logo yang sangat mewakili namanya Honeycomb.

google image
Tampilan Homescreen berubah total dari versi sebelumnya. Karena dikhususkan untuk tablet, jadi banyak ruang kosong dimanfaatkan dengan widget extra besar yang sangat menarik. Dikemas dengan wallpaper futuristic biru. Widget analog clocknya menjadi ciri khas seri ini.

7. Android versi 4.0 alias Ice Cream Sandwich

Setelah terjadi perceraian di Android (versi Smartphone vs Tablet), jilid 4 ini dibuat untuk menyatukan keduanya biar bersatu. Lahir dengan nama Ice Cream Sandwich di dapur Google pada Oktober 2011. Kesan fituristik dan tetap minimalis (dengan font robotonya) menjadi satu dalam Samsung Galaxy Nexus.

google image

Robot kukis menjepit ice cream, cocok disantap dikala waktu luang. Sajian istimewa dengan fitur jumawa.
 

google image
Tampilan Homescreen di ICS berubah 180 derajat. Mulai dari live wallpaper yang semakin menarik. Jajaran Icon Packnya berubah total semakin menunjukkan kedewasaan, sederhana dan tidak neko-neko. Yang menjadi ciri khas yaitu Google search barnya simple flat dan nempel terus pengen dikunyah.

8. Android versi 4.1 – 4.3 alias Jelly Bean 

Dengan mengandalkan project butter di versi terbarunya sebagai pengganti ICS lahirlah Jelly Bean. Menu baru ini mulai dikenalkan di bulan Juni 2012. Nexus 4 dari LG kebagian jatah menjadi pencicip versi ini. 


google image
Setelah lama robot hijau menghilang dalam bentuk logo tiap versinya, akhirnya muncul kembali sebagai sebuah toples yang berisi Jelly Bean. Siap dibuka dan dicicipi.
google image
 
Lagi-lagi tampilan homescreen mendapatkan sentuhan. Live wallpaper berganti baru mirip aurora. Tetapi jajaran icon masih sama dengan versi ICS. Widget digital clock di lockscreennya menjadi penanda jati dirinya.

9. Android versi 4.4 alias KitKat



Versi yang sempat dirumorkan bernama Key Lime Pie, ternyata cukup mengagetkan banyak fansnya karena resmi menyandang nama KitKat. Bekerja sama dengan nestle sebagai pemilik brand KitKat, jadilah versi ini diedarkan. Awal September 2013 merupakan waktu kemunculannya.


google image


Namanya juga KitKat, semua orang tahu bentuknya seperti itu. Tambahi kepala tangan dan kaki jadilah logo KitKat. 


google image


Homescreen seperti biasa mengalami perubahan. Status bar dan Navigation Barnya tampil transparan menyatu dengan wallpaper barunya. Icon pack juga mendapatkan sentuhan menarik. 


10. Android versi 5 alias Lollipop



Setelah betah dengan angka 4, versi 5 pun digulirkan. Lollipop nama yang tepat untuk merasakan manisnya fitur baru. Di versi ini pula Material Design mulai dikenalkan. Permen ini dikenalkan ke pelanggan di bulan Juni 2014. 


google image


Kapan lagi melihat robot hijau yang gembira mendapatkan hadiah permen lollipopnya karena telah berkelakuan baik. Logo yang pas mendefinisikan kebahagiaan.



google image




Memaknai filosofi Material Design, tampilan homescreennya berubah total. Mulai dari wallpaper yang keren,  Icon navigation barnya yang berubah menjadi kotak, lingkaran dan segitiga (mirip Ltombol stick PS) dan Icon packnya berubah menjadi flat. launcher ini di pasar tersedia sebagai Google Now launcher.





11. Android versi 6 alias Marshmallow


Marshmallow cocok untuk menemani api unggun yang hangat. Jajanan kenyal ini didaulat sebagai seri terkini yang dirilis pada Oktober 2015. Masih hangat-hangatnya lebih enak dalam kunyahan.
google image


Setelah bahagia dengan permennya, si robot hijau tampak keberatan dalam mengangkat Marsmallow ukuran jumbo ini. Android banget ini logo.

google image
Di sisi homescreen tidak tampak berubahan mencolok. Cuma kalau lebih teliti ukuran iconnya lebih mengecil dari versi sebelumnya.


Demikian tadi tampilan homescreen versi - versi android yang sudah dirilis oleh Google ke pasaran. Jajanan manis ini memang cocok dikonsumsi kapanpun dan dimanapun. Tak sabar nama apa yang akan dipakai Google untuk versi N nya.



Source: wikipedia
 

 
 

 
 

No comments:

Post a Comment