Saturday, January 30, 2016

MENGINSTAL DOLBY ATMOS DI ANDROID (AUDIOPHILE WAJIB MASUK)



Pengen punya music player keren dengan suara bombastis tapi apa daya cuma ada HP Android. Jangan berkecil hati dulu. Yang BC demenin dari Android adalah “segala kemungkinan bisa terjadi” di OS ini. Yang kualitas audio androidnya kurang nendang dan selalu minder depan teman-temanya bisa diakalin dengan pakai cara berikut.
via Google Image


Instal Dolby Atmos adalah salah satu caranya, memang beberapa produsen HP sudah membenamkan fitur ini secara default. Hp yang sudah ada fitur Dolby Atmos “diyakini” mempunyai kualitas sound yang mumpuni baik via headset maupun speakernya. Dolby Atmos sendiri pertama kali hadir di Lenovo A7000, beruntung banget gansis yang beli HP ini bisa jadi pencicip pertamanya.

Jangan nganga sambil ngiler karena kepengen, Tenang saja gansis, berkat suhu Worstenbrood  di padepokan xda developer fitur ini bisa kita nikmati bersama. Si authornya menulis fitur ini khusus untuk Android yang berjalan minimal di seri 4.3. Versi paling stable Dolby Atmos adalah versi R6.5 (20/6 2015). Kebetulan gadget BC yang berjalan di Marshmallow memenuhi syarat untuk terlibat dalam pengeksekusian, tentu saja setelah bertanya dulu di forum HP yang BC join.

Berikut syarat lain yang harus dipenuhi sebelum mengaplikasikan fitur ini :

1. HP sudah dalam kondisi root
2. Sudah terinstal Custom Recovery (apapun jenisnya, CWM, TWRP, Philz dll)
3. Mendownload bahan-bahannya :
    a. Dolby Atmos R.6.5 (klik)
    b. Uninstaller DAR.6.5.1 (klik) jika ingin menghapus si Dolphino
4. Kondisi Baterai minimal dalam kondisi 50%, kalau 49% boleh? Boleh banget
5. Niat tulus tanpa paksaan
6. Siapin HP cadangan kalau kenapa-kenapa (:D)

Setelah syarat di atas sudah lengkap, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstalnya :

1. Simpan bahan baku yang sudah didownload dan simpan di microSD di dalam folder boleh di luar juga monggo (kalo BC lebih suka di dalam folder)
2. Matikan HP dan Reboot via Custom Recovery. (Backup dulu untuk jaga-jaga)
3. Pilih Instal dan arahkan ke tempat bahan baku tadi di simpan.
4. Tunggu sambil ngopi, nyuci piring, bikin skripsi, buat kolam ikan (becanda gan). Dalam hitungan detik sudah selesai kok prosesnya. Kecuali kalau gansis sedang dengerin Komentator D’Academy, mungkin kegiatan tadi bisa dilakukan.
5. Ada keterangan untuk mematikan NuPlayer di Developer Options (BC nggak lakuin tetap works kok)
6. Pilih Reboot dan selamat Dolby Atmos sudah terpasang di HP
Setelah HP menyala cari aplikasi Dolby Atmos di apps drawer dan nyalakan. Pasang headset terbaik agan dan putar musik kesayangan (disini BC mutar DOY dari Kangen Band).
Voila HP gansis sudah naik kelas menjadi music player mahal.

Penampakan si Dolphino di HP

Note :
Thanks for agan Worstenbrood di XDA Developers yang  sudah membuat ini jadi nyata. Klik untuk ke thread aslinya disini

BC memakai Android One (One X) yang berjalan di Marshmallow dan sebelumnya sudah menginstal aplikasi mod Audio lainnya (Viper4adroid FX).
Hasilnya si Ular kimpoi sama Dolphin = Kesukaan para Audiophile. Kalau pengen lebih nendang pakai headset bagusan dikit pasti wow.
Sekali lagi keren nggak harus mahal, Salam ganteng ngecer.


No comments:

Post a Comment